APA ITU OSU ???
osu! adalah permainan video
berbasis musik yang dikembangkan oleh Dean Herbert. Awalnya hanya
tersedia di Microsoft Windows saja, namun juga telah merambah ke
aplikasi OS X, iOS, Android, dan Windows Phone. osu! ditulis dalam
Bahasa C# pada .NET Framework. Permainan ini hampir serupa dengan permainan musik lainnya termasuk Osu! Tatakae! Ouendan, Elite Beat Agents, Taiko no Tatsujin, beatmania IIDX, O2Jam, dan DJMax.
Pada osu! pemain harus menggunakan tetikus untuk menggeserkan kursor
kearah detak dan mengklik detak tersebut sesuai irama yang ada pada
lagu. Namun, selain dengan klik, pemain juga bisa menggunakan tombol
pada keyboard (standarnya adalah Z dan X) sebagai penggantinya.
Terdapat 4 mode dalam permainan ini yaitu Standard, Taiko, Catch The Beat dan Osu! Mania.
Sistem permainan
Tingkatan permainan dikenal sebagai beatmap. Dalam setiap beatmap,
lagu akan memainkan elemen yang berbeda (hit circle, slider dan
spinners) pada papan permainan. Pemain harus menggunakan perangkat
penunjuk untuk memanipulasi elemen-elemen ini dalam waktu dan irama yang
tepat berdasarkan lagu yang diputar dalam rangka untuk mendapatkan
poin. Tetapi beatmap juga dapat ditambah dengan gambar dasar atau video, bahkan dengan alur cerita.
Perangkat yang paling populer adalah tetikus, tetapi pemain dapat
menggunakan kombinasi perangkat lain untuk mempermudahnya seperti tablet
grafik dan tombol keyboard.
Kesulitan
Ada
lima kesulitan standar yang ditetapkan melalui osu! seperti Easy,
Normal, Hard, Insane, dan Expert (umumnya dikenal sebagai Another atau
Extra). Ada juga Marathon tag yang berarti lagu ditandai dengan waktu
lima menit, dan "TAG2/TAG3/TAG4" yang berarti lagu yang harus dimainkan
oleh dua, tiga, atau empat orang dalam keadaan berputar. Pencipta
konten, pembuat beatmap juga dapat memberikan nama mereka sendiri untuk kesulitan mereka.
Tujuan
Tujuan utama
ketika bermain osu! hanya untuk mengenai semua lingkaran sambil menjaga
bar kesehatan agar tetap diatas 0 hingga lagu selesai. Sedangkan untuk
pemain yang berpengalaman biasanya memiliki tujuan yang lebih sulit,
yaitu mendapatkan skor tinggi, kombo, maupun penghargaan.
Hit Circle
Hit
circle adalah lingkaran warna berangka yang memiliki garis luar serta
mendekati lingkaran tersebut (Approach circle). Pada saat approach
circle tepat pada lingkaran itulah pemain harus menekan hit circle
tersebut.
Slider
Slider
adalah gabungan dari dua hit circle yang dihubungkan oleh sebuah jalur.
Pada slider saat approach circle mendekati hit circle pertama pemain
harus menekan slider yang lalu ditahan dan digeser menuju hit circle
selanjutnya melalui jalur yang ada.
Spinner
Spinner
adalah sebuah lingkaran yang besar yang menempati seluruh layar. Pada
spinner pemain harus menekan dan memutarkan tetikusnya agar lingkaran
itu berputar hingga ada tulisan Clear pada tengah lingkaran.
No comments:
Post a Comment